Loading...

Senin, 04 April 2011

TUTORIAL BELAJAR ILMU AUTOCAD


Isometric Drawing
Publish: 12 Februari 2011 | Author & Copyright: Endra | Status: FREE tutorial

Salam Grafis……!!!! Terinspirasi dari masukan agan-agan semua,maka kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat gambar ISOMETRIC. pada AutoCad.Kali ini saya menggunakan AutoCad 2007 gan,coz Computer saya lagi ada problem.harap di maklum.tetapi pada intinya sama saja untuk semua Autocad.

Sebelum lanjut praktek,ada baiknya saya jelaskan dulu maksud dari isometric drawing  tersebut.


Ada 3 tehnik penggambaran di Autocad,yaitu..
>tehnik 2D drawing
>tehnik Isometric Drawing, dan
>tehnik 3D drawing

ISOMETRIC DRAWING adalah sebuah sketsa gambar yg mempunyai sisi isometric dalam penggambaaranya dan hanya mempunyai sumbu X dan Y (layaknya 2D).Tehnik pengambaran seperti ini,biasa digunakan oleh para tehnisi MEKANIK, ELEKTRIK, ENGINER or semacamnya.jika tehnik ini diterapkan untuk design ARSITEK/Interior Tidaklah Effektif.itu saja sdikit informasi yg dapat saya sampaikan,karna kalo dibahas terus kita ga bkal mulai2 neh prakteknya gan..hehehe,, informasi lanjut agan biasa googling aja…

Kita mulai gan..pertama2 yg harus dilakukan adalah menyeting kursor tersebut

1. SETTING
Hal pertama yg harus anda lakukan sebelum membuat sketsa Isometrik drawing adalah,anda harus menyetting kursornya terlebih dahulu.

ikuti langkah-langkah berikut.
Pada Menu bars:

  • Pilih Tools > drafting setting
Maka akan muncul MenuTab sbb:
image www.ilmugrafis.com

Didalam MenuTab terdapat beberapa pilihan yang diantaranya snap & grid,Polar Tracking,Object Snap,Dynamic Input,namun Disini tidak saya jelaskan semua.yg utama perlu diatur adalah:
1. Pada pilihan Snap & Grid
Beri check list pada Snap On (F9) dan Grid On (F7)
> SNAP  = Berfungsi sebagai mengatur pergerakan dari kursor anda,jadi anda dapat mengatur setiap pergerakan kursor anda dengan mempunyai jarak/ukuran tertentu.maka dari itu anda dapat menyettingya pada:

Snap X spacing  =0.5000 (contoh)
Snap Y spacing   =0.5000(contoh)
Maka dengan demikian,setiap pergerakan kursor anda adalah 0.5m untuk arah X dan Y.tergantung kebutuhan anda.
image www.ilmugrafis.com

> GRID   = yaitu berfungsi sebagai titik2 point pembantu dari SNAP.Grid ini akan menampilkan layout seperti Plan dengan jarak - jarak yang di tentukan pula, dengan mengatur pada kolom Grid Spacing.

Catatan: langkah2 tersebut tidak wajib digunakan,anda bisa mengabaikanya jika objek yg anda buat nantinnya akan bergerak bebas dan tidak selalu pasti ukuranya.

Untuk selanjutnya anda beralih kekolom selanjutnya yaitu Snap Type > pilih Isometric snap, seperti
pada penampakan dibawah ini:
image www.ilmugrafis.com

Setelah semua selesai disetting, maka sekarang kita beralih ke Menutab Object Snap yang berfungsi sebagai memberikan ikon-ikon / point pada pembuatan sketsa.
image www.ilmugrafis.com

> check list pada  object Snap On (F3) dan object Snap Tracking ON (F11)
> Ada baiknya anda pilih Select All agar semua point-point dalam pembuatan sketsa nantinya lebih  mudah.
Setelah itu > OK..!

Hasilnya: Maka kursor pada lembar kerja AutoCad tersebut berubah Warna menjadi merah dan hijau,dan jangan lupa pula untuk mengaktifkan ORTHO nya.cobalah untuk membuat sketsa dengan Line, maka rasakan perbedaan pengambaranya. Di tehnik sketsa Isometrik ini anda dituntut untuk selalu mengikuti arah kursor tersebut, untuk mengubah arah kursornya anda bisa menggunakan tombol F5.

Cobalah untuk mencoba membuat persegi / persegi panjang atau semacamnya terlebih dahulu, seperti ini.
image www.ilmugrafis.com
Sekilas sketsa tersebut seperti Bentu k 3D drawing,namun jika anda lihat dari sisi lain maka sketsa ini adalah sketsa 2D yg hanya dapat dilihat dari satu sisi saja.

image www.ilmugrafis.com
Gambar di atas adalah contoh kecil yg saya buat untuk design Line suatu Pipa….

SEKIAN DULU tutorial yang bisa saya sharing, semoga dapat bermanfaat bagi yg membutuhkanya….
Jika ada yg kurang  dimengerti bias email saja ke ane gan….(^_^)…
Semoga bermanfaat, Terimakasih…. SALAM Desain GRAFISSSSSSSSSSS….!!!









Teknik Membuat Vas atau GUCI
Publish: 24 Januari 2011 | Author & Copyright: Endra | Status: FREE tutorial

Salam grafis 3Dimensi dulu ya…biar semangat dikit..hehehehe… Wokeeh..sebelum kita mulai,, agan semuanya ngerti kan apa itu guci,,kalo ga ngerti ya Tanya aja ame yg ngerti..
Lanjut aja deh ya gan,,kalo gak tau nanti jg bkalan tau..

Vas dan Guci merupakan asesoris seni rumah yang indah, biasanya terbuat dari keramik dan ditempatkan di sudut ruangan, sewaktu kita merancang desain interior rumah ada baiknya menambahkan pernak - pernik guci dan vas ini sehingga tampilan rumah yang kita desain jadi lebih menarik. Bagaimana cara membuat Guci dan Vas? langsung saja ikuti Langkah - Langkahnya di Tutorial Aucotad ini

1. Buat Sketsa
Pada RIGHT VIEW Buat dulu sketsanya ya gan,ukuran ga pasti yg penting sketsanya ya kira2seperti ini:
image www.ilmugrafis.com
Garis tengah yg nerwarna merah saya maksudkan untuk garis sumbu gan dan yg paling penting adalah “sketsa harus menjadi satu kesatuan/polyline”.
untuk penggabunganya anda bisa menggunakan perintah “PEDIT”
caranya: pada command ketikan pedit > enter > pilih salah satu line > ketik  j > pilih semua garis yg akan digabungkan > enter 2x

Jika anda mahir dalam 2D maka saya rasa, anda mengerti tentang hal itu, jika belum anda bisa mencari tutorial - tutorial dasar autocad via google service

2. REVOLVE (RE)
>command: REV <enter>
>seleksi line (kecuali line sumbu) <enter>
>pilih Object
>klik line sumbu <enter>
>360 <enter>
image www.ilmugrafis.com

image www.ilmugrafis.com

Klik SE Isometrik View untuk melihat hasil 3D nya dan klik realistic Visual style
image www.ilmugrafis.com


3. RENDERING
Sekarang kita mainkan renderingnya gan,
>view>render>materials
Buatlah material baru dan beri nama “guci”
Type = Realistik
Template = cramik Tile,Glazed
Select image = abstrak (anda bebas memilih Gambar yg akan digunakan)
image www.ilmugrafis.com

>Aplly to materials
image www.ilmugrafis.com
>atur skala gambar di bagian “material offset & review” Secukupnya,jika sudah,klik gambar kunci guna skalanya Tidak berubah-ubah.
image www.ilmugrafis.com

Hasilnya:
image www.ilmugrafis.com

Selanjutnya view>render>render…
Hasilnya kurang lebih begini gan…
image www.ilmugrafis.com

Dan bisa dikombinasi seperti ini…
image www.ilmugrafis.com
Demikian Tutorial Belajar Autocad kali ini




Tehnik EXTRUDE dengan PATH
Publish: 02 Januari 2011 | Author & Copyright: Endra | Status: FREE tutorial

Selamat tahun baru 2011, Selalu salam grafis dulu gan..!!! Tutorial Autocad kali ini adalah tutorial lanjutan dari “Tehnik EXTRUDE dengan TAPER ANGLE”. Nah untuk tutorial kali ini “Tehnik EXTRUDE dengan PATH”, yaitu tehnik extrude/penebalan dengan menggunakan jalur tertentu atau alur jalan.tehnik ini biasanya digunakan untuk pembuatan line pipa, pagar pada rumah, selang air, dll.

Langsuuung praktex gaaaaann…cekidot..!!hehe..

Seperti biasa,kita harus mempunyai sketsa 2D-nya dulu gan:
File>new>pilih acad3D

Pada front view buat sketsanya cyrcle/lingkaran seperti ini gan:
image www.ilmugrafis.com

Setelah itu,pada tampilan right view, buat garis menggunakan line/poly line dimensinya bebas gan.dengan catatan garis harus menjadi satu kesatuan,dgn menggunakan perintah:
command:pedit <enter>
command: seleksi salah satu line <enter>
command: Y (jika diminta) <enter>
command: J <enter>
command: seleksi line yg akan digabungkan <enter><enter> (untuk mengakhiri proses)

saya harap anda telah menguasainya,dan hasilnya seperti ini gan:
image www.ilmugrafis.com

Masih dalam posisi right view,Agar lebih smoth untuk meng-Extrude nantinya,berikan sentuhan fillet dengan radius 0.5.saya harap agan2 semua telah menguasai 2D,sehingga tdk perlu saya jabarkan lg tentang fillet.hasil sketch nya seperti ini:
image www.ilmugrafis.com
Right View

image www.ilmugrafis.com
SE Isometrik

Untuk sketch sudah jadi, nah sekarang kita bermain di 3D nya gan,,santai dulu sambil isap clasmild yg tinggal ½ btang ya gan..hehehe..

Woookeehh…!!gan kita lanjut lagi,untuk tahap meng-Extrude,pertama2 siapkan sketch,tetap pada tampilan SE isometric vie ,lalu:
command:extrude <enter>
command: seleksi cyrcle/lingkaran <enter>
command: pilih P (inisial dari Path) <enter>
image www.ilmugrafis.com
command:seleksi line <enter>

Maka…bimm..salabim..abra kadabra…fuuuaahh….!!!!
image www.ilmugrafis.com
Pipa PDAM :)

Cukup simple dan mudah kan gan…
Nah untuk tambahanya,jika dilihat objek tersebut masih dibilang objek padat gan,karna ngga ada lobangya,agar objek tersebut terlihat seperti pipa sungguhan,maka tambahkan sketch lingkara yg diameternya lebih kecil,lalu lakukan kembali extrude dengan menggunakan path.sehingga ada 2 objek Extrude.kemudian gunakan perintah subtract guna memberikan lubang pada objek tersebut.

Kira-kira gambaranya seperti ini gan:
image www.ilmugrafis.com

image www.ilmugrafis.com

Maka objek padat tersebut sudah kelihatan berlubang seperti pipa…seperti ini gan..
image www.ilmugrafis.com

Dengan tehnik yg telah saya bagikan,saya harap agan2 semua bisa berkreasi dg 3D,contoh sederhananya seperti ini…
image www.ilmugrafis.com
Tandon Persediaan Air
image www.ilmugrafis.com
Gimana gaan..siap untuk berkreasi di 3Dimensi..????
Sekian dulu tutorial dari saya,semangat terus untuk agan2 semua….dan…
Selamat belajar menguasai Autocad Terima kasih
Semoga bermanfaat








Tehnik EXTRUDE dengan TAPER ANGLE
Publish: 18 Desember 2010 | Author & Copyright: Endra | Status: FREE tutorial

Agar lebih afdol,salam Grafis dulu gan biyar tetep semangat...!!!,,hehe.. kali ini saya akan membagikan pengetahuan saya yang lainnya sesuai dengan judulnya yaitu Teknik Extrude di Autocad dengan Taper Angle

Wookeh…penjelasan judul diatas gini gan,yaitu meng-Extrude atau memberi ketebalan pada sebuah Objek dengan menggunakan TAPER ANGLE guna membuat sudut kemiringan/sudut lancip.
Langsung praktek aja ya gan,biyar lebih jelas,,kita focus pada perintah “EXTRUDE”.

Saya mempunyai object 4 persegi seperti ini:
image www.ilmugrafis.com
Lalu,pada posisi SE ISOMETRIC VIEW,objek 2D tersebut akan saya jadikan object 3D dengan menggunakan perintah Extrude dan saya berikan kemiringan.caranya:
1. Extrude <enter>
2. Seleksi objek <enter>
3. Maka pada command toolbar ada 3 pilihan
image www.ilmugrafis.com

4. Pilih “ta”(singkatan dari taper angle) <enter>

5. Masukan nilai kemiringan : 50 <enter>
image www.ilmugrafis.com

6. masukan nilai ketinggian:800 <enter>
image www.ilmugrafis.com
Maka hasilnya seperti ini:
image www.ilmugrafis.com
Catatan :
Jika nilai sudutnya (+) maka ketebalan objek tersebut akan meruncing keatas, semakin besar nilainya maka semakin runcing pula.begitu jg sebaliknya, jika nilai sudutnya (-) maka ketebalan objek tersebut akan melebar keatas,semakin besar nilainya (-)maka semakin melebar pula sudut kemiringanya,seperti ini:
image www.ilmugrafis.com
Dengan menggunakan tehnik extrude diatas,sederhananya saya buat atap rumah Jadul seperti ini:
image www.ilmugrafis.com
Membuat atap rumah dengan Autocad

anda bisa mempelajari teknik-teknik dasar autocad yang lain karena telah diterangkan di tutorial - Tutorial Autocad sebelumnya

Sekian dulu tutor Acad dari saya,,jk ada yg kurang jelas bisa agan tanyaka di email saya….
Terimakasih, SEMOGA BERMANFAAT











Membuat Cermin 3 Dimensi
Publish: 20 November 2010 | Author & Copyright: Endra | Status: FREE tutorial

Allow gaan..ktemu lg sama ane,,kali ini saya akan berbagi Tutorial Autocad membuat cermin yg biasa dikamar agan semua.

Wokeehhh…gak pake lama deh..langsung aja siapkan aplikasi Autocad nya gan,dan buat sketsa pada TOP VIWE,rectangle luar=70x10, rectangle dalam cukup offset=0.5 kebagian dalam sperti gmbar dibawah ini…
image www.ilmugrafis.com

Copy sketsa tersebut menjadi 2,yg nantinya untuk membuat cerminya gan.

Agar lbih leluasa,dimensinya hapus aja gan…

Disini saya menggunakan tehnik EXTRUDE,masih inget kan gan bagaimana EXTRUD itu dan syaratnya jk lupa agan bisa liyat ditutorial saya tentang “BELAJAR EXTRUDE DAN SUBTRACT”.
Wookeehh…kita mulai gan,,

1. Pembuatan bingkai cermin
Pada posisi TOP View,,karena ada 2 sketsa yg telah dicopy,maka pilih salah satu aja gan untuk di eksekusi,lalu ikuti langkah2 dibawah ini,,
Command:extrude <enter>
=> Seleksi semua sketsa dengan klik dari kanan bawah lalu tarik hingga kiri atas kmudian klik kmbali untuk mengakhiri proses.
=> 0.5 (ketebalan dari sketsa tersebut) <enter>
=> Klik SE isometric view untuk melihat hasilnya, kemudian
image www.ilmugrafis.com
=> Command:Subtract <enter>
=> Pilih/klik pada rectangle luar <enter>
=> Pilih/klik pada rectangle dalam <enter>

Hasilnya sbagai berikut:
image www.ilmugrafis.com
[+] klik gambar untuk memperbesar ukuran view
Bingkai cermin telah jadi gan,,,

2. Pembuatan Cermin
Sekarang kita focus ke sketsa hasil copy an diawal tadi gan.kita hanya butuh rectangle bagian dalamnya saja, maka:
=> Command:extrude <enter>
=> 0.25 (ketebalan sketsa untuk cermin) <enter>
* Untuk cermin saya beri warna merah supaya lebih jelas perbedaanya antara bingkai cermin dan cermin itu sendiri.
=> MOVE / pindahkan cermin ke bingkai kaca dengan acuan poin sebagai berikut:
image www.ilmugrafis.com

image www.ilmugrafis.com

image www.ilmugrafis.com

3. RENDERING
Untuk tahap terakhir tinggal memberikan material gan…
Pertama2 putar dulu gan kacanya,sehingga posisinya menjadi Vertikal,dengan cara:
- Seleksi terlebih dahulu bingkai kaca tersebut
- Pada menubar, Modify>3D operations>3D rotate
image www.ilmugrafis.com
- Maka munculah 3 garis yg berbentuk lingkaran dgn warna merah,biru & hijau
- Dekatkan kursor anda pada bagian yg berwarna merah,jika telah mendapat acuan garis,lalu klik dan
image www.ilmugrafis.com
- Masukan nilai 90 pada command toolbars yang berarti perputarannya 90 drajat <ENTER>
image www.ilmugrafis.com
- Tekan Esc di keyboard anda untuk menyelesaikan perintah..

Selanjutnya, Pada MenuBar pilih VIEW>RENDER>MATERIAL

Buatlah 2 Material baru dengan nama “Bingkai” dan “cermin”
image www.ilmugrafis.com
a) Untuk material “Bingkai”
- Type = Realistik
- Template = wood varnished
- Select image = (Finnished,flooring…>saya ambil Dari image di dalam Autocad,anda bisa mencarinya)
image www.ilmugrafis.com

b) Untuk material “cermin”
image www.ilmugrafis.com
Type = Realistik Metal
Template = Mirror
Setelah semuanya selesai,apply to material.
>ambil posisi terbaik
>view>render>render
image www.ilmugrafis.com
Tips : Agar hasil rendering   lebih baik,gunakan material “lamp” dan atur pencahayaanya..
Hasilnya:
cermin kamar
Cermin Kamar sudah jadi, siapa yang ingin bercermin gratis :)
Terimakasih, SEMOGA BERMANFAAT









MEMBUAT JENDELA RUMAH SEDERHANA
Publish: 30 Oktober 2010 | Author & Copyright: Endra | Status: FREE tutorial

Pada Tutorial Autocad 2010 kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat jendela rumah yang sederhana dengan Program Autocad. Tanpa banyak basa basi kita lanjut aja ya gan.

Didalam tutorial ini saya menggunakan printah
>PEDIT = Untuk menggabungkan garis2 yg terputus menjadi satu kesatuan/polyline
>EXTRUDE = Untuk member ketebalan object 2D menjadi 3D
>SUBTRACT = Untuk  kurangi objek paling luar dengan paling dalam, sehingga menjadi sebuah lobang atau perpotongan
>RENDERING

Berikut Langkah - Langkahnya:
1. Siapkan Autocadnya gan, dan buatlah seketsa seperti gambar beriku beserta ukuranya gan.
image www.ilmugrafis.com
(Line merah dan biru tersebut mempermudah saya untuk memberi keterangan) yang salah satunya bahwa garis tersebut belum menjadi satu kesatuan/polyline.

Terlebih dahuli gabunglah line yg terpecah dengan:
Command:pedit>klik salah satu line merah <enter> Y (jika diminta) <enter> join <enter> >sleksi semua garis merah dan biru dengan cara blok dari kanan bawah hingga kiri atas, lalu <enter><enter>
image www.ilmugrafis.com
Jika anda melakukanya dengan benar,maka line akan berubah menjadi warna merah semua,yg berarti line tersebut telah menjadi swebuah line yg satu kesatuan/polyline.lakukan hal yang sama untuk line2 yg belum menjadi satu kesatuan/polyline seperti cara diatas.jika selesai,jangan lupa utuk mengcopynya gan,di taruh aja disebelah masternya,yg nantinya akan digunakan untuk membuat kaca nya gan.


2. Untuk selanjutnya, kita gunakan metode EXTRUDE (Jika ada yang belum paham mengenai EXTRUDE bisa melihat tutorial sebelumnya yaitu BELAJAR EXTRUDE DAN SUBTRACT )
Terlebih dahulu hapus dimensinya supaya tidak menggangu.jika semua line telah selesai di jadikan satu kesatuan, maka selanjutnya,

>command:extrude <enter> >seleksi semua line(seperti cara diatas) <enter> 5 (nilai ketebalan dari sketsa) <enter>
>klik SE Isometrik view untuk melihat hasilnya,seperti ini:
image www.ilmugrafis.com


3. Next,kita gunakan metode SUBTRACT untuk membuat lobang kaca nya gan.
>command:subtract (bisa disingkat  SU) <enter> klik rangka luar <enter> klik rangka dalam satu persatu(6 kotak yg berada di dalam gan/untuk meletakan kaca nantinya)
image www.ilmugrafis.com

Jika berhasil,hasilnya seperti ini,
image www.ilmugrafis.com

Selanjutnya kita akan membuat kacanya gan,…
Sekarang kita fokuskan ke sketsa hasil copy nya gan,


4. Command:extrude (bisa disingkat EX ) <enter> seleksi semua line rangka dalam <enter> 1 (ketebalan sketsa kaca) <enter>
Disini saya memberikan warna merah pada rangka kaca,agar lebih jelas perbedaanya


5. Masukan kedalam rangka jendela yg telah kita buat diawal tadi dengan cara
>seleksi semua rangka kaca(bewarna merah)
>command: move <enter>
>ambil salah satu titik point,
>pindahkan pada rangka jendela,
image www.ilmugrafis.com

Dan akhirnya seperti ini,
image www.ilmugrafis.com


6. Untuk tahap yang terakhirnya gan,adalah RENDERING,
PADA MENU UTAMA image www.ilmugrafis.com KLIK:
>VIEW>RENDER>MATERIAL


7. Pada toolbar MATERIAL, buat 2 material baru dengan cara:
>creat new material>beri nama “bingkai jendela”
>lakukan hal yg sama dan beri nama “kaca jendela”
Shingga ada 3 material gan,yg mana material pertama or yg ke-1 adalah masternya, jd jgn di otak atik.fokus kita adalah ke material yg telah kita buat tadi.OK gan…!
image www.ilmugrafis.com

8. klik material “bingkai jendela”, pada toolbar MATERIAL EDITOR,
pilihan tempelate>pilih wood varnished
image www.ilmugrafis.com


9. Pada toolbar maps dibagian Diffuse map, Selec image (Finnished,flooring…> saya ambil dari image didalam Autocad, anda bisa mencarinya)


10. Pilih Apply Material to Object>sleksi bagian bingkai  jendela,maka bingkai jendela akan berubah menjadi seperti kayu yg telah di plistur.
image www.ilmugrafis.com
Nah untuk bingkai jendelanya udah jadi gan,sekarang kita focus untuk kaca nya…. Lanjuuuuuuuuuuutt….!!!
Caranya sama seperti diatas,hanya sdikit perbedaan…


11. klik materialkaca jendela ”,pada toolbar MATERIAL EDITOR, pilihan tempelate>pilih Glass-Clear


12. karena dia bersifat kaca,maka perlu Klik Checkered Underlay of untuk melihatnya.
image www.ilmugrafis.com

13. Pilih warna untuk kacanya gan,(disini saya pakai biru Muda karena hanya sebagai transulent aja.)


14. klik Apply Material to Object>lalu seleksi pada Bagian kaca jendela
image www.ilmugrafis.com
image www.ilmugrafis.com
Hasilnya seperti ini gan,,selanjutanya atur posisi terbaik,lalu view>render>render,tunggu sesaat untuk melihat hasilnya:
image www.ilmugrafis.com

nah sekarang tinggal kreasi dari agan2 semua untuk memodifikasinya,,seperti yg saya buat..
jendela rumah

sebagai gambaran sya beri tahu point2ny untuk gambar diatas….
Pertama agan harus membuat oject tembok dan lantai,sperti ini gan, untuk jendelanya ckup dicopy aja
image www.ilmugrafis.com

>Tambahkan lagi 2 material editor seperti langkah no.7,beri nama “tembok” dan”lantai”.
1. material editor “tembok”
Template=user defined
Select image=Masonry.unit….
>Apply material to object
image www.ilmugrafis.com

2. material editor “lantai”
Template=Cramic tile,Glazed
Select image=Masonry.Stone..
>Apply material to object

3. untuk pencahayaanya, kita kasih lampu gan.
>view>render>Light>new point light
>posisikan lampu diatas jendela (dgn menggunakan tools MOVE),lalu <enter>
>klik 2x pada lampu,maka akan kluar table properties Sbb:
image www.ilmugrafis.com
KETERANGAN:
>Intensity factor = untuk member nilai cahaya lampu,semakin besar nilainya,maka semakin terang pula cahaya lampu yg dipancarkan.
>Filter color = untuk memilih warna cahaya lampu yg akan bersinar
Dan masih banyak lagi keterangan2 yg lainya gan,yg saya jelaskan adalh sebagian besarnya yg kita butuhin.agan bisa coba2 sendiri aja

Setelah semuanya slesai,atur posisi pandangan menggunakan 3Dorbit tool, lalu dirender gan untuk melihat hasilnya:
View>Render>Render
image www.ilmugrafis.com
Ditunggu aja gan,tinggal seberapa cepet RAM pada computer anda untuk memprosesnya,,dsambil  minum secangkir kopi hangat gan..hehehehehehe…
Demikian Tutorial Autocad kali ini

Terima Kasih
SEMOGA BERMANFAAT








Membuat LAMPU HIASAN KAMAR
Publish: 21 Oktober 2010 | Author & Copyright: Endra | Status: FREE tutorial

Aloow gan...salam kenal semuanya..:-) Disini saya akan berbagi ilmu Autocad sesuai judulnya membuat Lampu Hiasan Kamar diatas gan, kebetulan versi AutoCad yang saya pake adalah Autocad 2010 gan,kalo agan kagak punya bisa pake yang versi 2007 keatas. Okelah kalo beg..beg..beggituu..tu.tu..tu.heheheh..langsung aja gan..
Pertamax siapkan dulu gan Autocad-nya,
1.Pada kiri pojok atas pilih file>New>acad3D,seperti gambar dibawah gan..!lalu klik open.saya rasa agan2 semuanya sudah pada mahir tentang itu.
cad ilmugrafis.com


2. Disini saya menggunakan tampilan Autocad Clasik,tidak maslah jika agan2 semua menggunakan tampilan autoCadnya menggunakan yang 3D modeling asal bisa memahaminya.bagi yang belum paham dengan maksud saya,lihat aja nih gan perbedaan tampilan yg saya maksud.
Autocad Classic Layout
Autocad Classic Layout

Autocad 3D Modeling
Autocad 3D Modeling
Pengaturanya:klik bawah kanan menubar,dan agan tinggal pilih aja mau pake yang mana gan AutoCad Classic or 3D Modeling.
Okeh..lanjut gan ke materinya…


4.Siapkan toolbar-toolbar berikut
= view toolbar
= visual styles toolbar
= 3D orbit toolbar
Dengan cara klik kanan salah satu toolbar standard dan pilih tolbar2 tersebut.
cad ilmugrafis.com


5.pada left view buatlah seketsa gambar sebagai berikut…
cad ilmugrafis.com
Untuk ukuranya bebas gan, yang penting sketsanya mirip seperti yg diatas.”untuk line yg berwarna merah hrus jadi satu kesatuan gan/polyline”, jika masih terpecah,lakukan hal sbb:
> pada command ketikan pedit > enter > plih salah satu line yg berwarna merah > ketik j > plih semua garis yg akan digabungkan (semua line merah) >enter 2x


6.command:rev <enter>
Klik line merah <enter>
command:object <enter>
klik line sumbu tengah <enter>
command:360 <enter>
cad ilmugrafis.com
Lakukan hal yang sapa pada line yang diagonal,,,
sabarr ya gan…jika berhasil maka hasilnya sbb:
cad ilmugrafis.com


7. nah kalo dah jadi begitu gan,klik top view > klik isometric view untuk melihat hasil 3D nya,lalu klik Realistic visual style untuk melihat lebih jelasnya.Nah setelah itu agan bisa lihat dari segi pandang lain dengan tools 3d orbit, jika ingin kembali ke semula kembali,agan cukup klik kembali isometric view-nya.kira kira hasilnya seperti ini…
.cad ilmugrafis.com

8. Nah untuk finishing nya setelah direndering hasilnya sebagai berikut gan…
lampu hias
atau
cad ilmugrafis.com
LAMPU HIAS KAMAR
SEMOGA BERMANFAAT………SALAM kenal gan……









 Cara Mengambil Sudut Pandang 3D
Publish: 09 April 2009 | Author & Copyright: Anugerah | Status: FREE tutorial

Ada banyak cara untuk membuat tampak bangunan 3 Demensi dalam Program Autocad, saya kan menjelaskan bagaimana cara membuat “View” yang baik dan benar….

Sudut pandang ini menggunakan Perintah : CAMERA

Langkah-Langkahnya:
1. Siapkan gambar 3D yang akan di ambil Sudut Pandangnya.
Contoh :


2. Setelah itu, ketik perintah “PLAN” klick space 2x, untuk mengambil pandangan tampak Atas. Kemudian ketik perintah “CAMERA” -> klik ENTER setelah itu… muncul Keterangan :
Specify new camera position <12.9878,41.5739,92.1964>:  (tulis “.xy”) -> klickENTER”

3. Setelah itu, muncul keterangan sebagai berikut :
Of (mengambil posisi camera)
Contoh:

Misal Klick di yang bertanda Lingkaran tersebut

4. Setelah itu, muncul keterangan sebagai berikut :
(Need Z): (Tinggi camera misal klick setinggi orang dewasa “175”) -> klickENTER”

5. Setelah itu, kembali muncul keterangan sebagai berikut :
Specify new camera target <22.3148,40.3498,0.0000>: (tulis “.xy”) -> klickENTER

6. Setelah itu, muncul keterangan sebagai berikut :
Of (mengambil posisi sudut pandang camera)
Contoh:

Misal Klick di yang bertanda Lingkaran tersebut

7. Setelah itu, muncul keterangan sebagai berikut :
(Need Z): (Tinggi sudut pandang, misal klick setinggi orang dewasa “175”) -> klickENTER”

8. Setelah itu gambar muncul seperti ini

Catatan!!Jangan di gerak gerak 3D ter -sebut.

9. selanjutnya klic

icon “3DORBIT”

Setelah itu “KLICK KANAN MOUSE”   ->  “KLICK PROJECTION” -> “KLICK PERSPEKTIVE”


Atur sebaik mungkin menggunakan mouse hingga menyerupai gambar dibawah ini:

Lalu RENDER.

Semoga bermanfaat...









Langkah Render pada Obyek Gambar 3 Dimensi
Publish: 02 November 2008 | Author & Copyright: Si Edi Santoso | Status: FREE tutorial

Halo pembaca yang budiman, untuk menjadikan gambar 3 dimensi kita lebih realistis dan indah dilihat kita bisa memanfaatkan fasilitas Render yang ada pada AutoCAD.
Berikut Caranya :

Langkah 1:
Buka salah satu file gambar 3 dimensi yang anda buat:
File > Open > Pilih gambar 3D  anda: misal penulis mengambil gambar dibawah ini:



Langkah 2:
Keluarkan Toolbar Render
Pilih menu View > Toolbars > Toolbar Render
Lihat toolbar render berikut ini:


Langkah 3:
Kliklah  tool render
Maka akan keluar kotak dialog sebagai berikut:

CATATAN:
Pada Rendering Type: Pilih Photo Raytrace atau(Pilih sesuai kebutuhan)

Pada Rendering Option: Silahkan di cek list sesuai kebutuhan

Pada Destination pilih Vieport:
Pada Sub Sampiling  pilih 1:1 (Best) atau disesuaikan kebutuhan
Bila sudah kita seting sesuai kebutuhan > Kliklah Render


Langkah 4:
Silahkan lihat hasil gambar rendering anda:
bangun 3d
Contoh Gambar Hasil Rendering dengan autocad
Bagaimana??????????? Ruaarrrrrrrrrrrrrrrrr Biasa!
Mudah bukan?
Semoga bermanfaat...








Cara Memberi Background Pada Obyek Gambar 3 Dimensi AutoCAD
Publish: 2 Oktober 2008 | Author & Copyright: Si Edi Santoso | Status: FREE tutorial

Halo pembaca yang budiman, untuk menjadikan gambar 3 dimensi kita  lebih hidup kita bisa memberikan background pada gambar autocad yang kita buat...
Berikut Caranya :
Langkah 1:
Buka salah satu file gambar 3 dimensi yang anda buat:
File > Open > Pilih gambar 3D  anda: misal penulis mengambil gambar dibawah ini:
file1


Langkah 2:
Keluarkan Toolbar Render
Pilih menu View > Toolbars > Toolbar Render
Lihat toolbar render berikut ini:


Langkah 3:
Kliklah  tool background file3
Maka akan keluar kotak dialog sebagai berikut:
file4


Langkah 4:
Kliklah  Image


Langkah 5:
Kliklah  Find File.....  pada kategori Image



Langkah 6:
Pada Look in:.............Pilih file gambar yang akan kita jadikan Background
Setelah itu klik Open > pilih OK



Langkah 7:
Lakukan Rendering
Lihatlah background dan gambar hasil render  dibawah ini:

GAmbar Rumah plus background Hasil Rendering dengan autocad
Semoga bermanfaat...











Standar Ukuran Kertas dan Skala Internasional AutoCAD
Publish: 27 Mei 2008 | Author & Copyright: Johan | Status: FREE tutorial

Dalam dunia tehnik dan grafis ada beberapa hal yang telah dibakukan sehingga menjadi standar internasional, diantaranya adalah standar ukuran kertas dan ukuran skala dan dalam autocad sangat diperlukan...

Dalam menggambar teknik ada beberapa ketentuan yang tidak boleh dilanggar

Gambar layout kertas

Standart Kertas A0, A1, A2, A3, A4



Skala yang dianjurkan

Seperti halnya menggambar manual maka kita lakukan adalah melakukan penskalaan...
Semoga bermanfaat...

1 komentar: